Diresmikan Di Dubai, Nokia 8.1 Resmi Dirilis Secara Global.

Nokia 8.1 akhirnya resmi dirilis nih gaes, HMD Global baru saja meresmikan smartphone baru andalannya ini di Dubai tepat pada tanggal 6 Desember kemarin. Meskipun banyak yang berharap akan diluncurkan juga seri lainnya seperti Nokia 3.1 Plus dan 5.1 Plus, namun nampaknya pada acara kali ini Nokia hanya merilis seri 8.1 saja yang merupakan versi global dari Nokia X7. Hadir dengan desain premium dan spesifikasi yang mumpuni, serta dengan software Android 9.0 Pie, apa saja nih fitur-fitur baru lainnya pada Nokia 8.1 ini..? Yuk kita bahas dalam Flash Update kali ini.

 

Design & Display

Masih dengan desain yang mirip dengan seri Nokia 7.1 Plus, pada seri Nokia 8.1 inipun kesan elegan dan premium masih sangat terasa. Material bodinya menggunakan bahan magnesium alloy dan metal frame yang dibungkus dengan panel kaca, sehingga membuat desain dari smartphone ini sangat elegan dan berkelas. Dengan layar IPS LCD 6,18 inch dan resolusi FHD+ 2246×1080 piksel, serta rasio layar 18,7:9 dan rasio to bodi sebesar 86,5%, teknologi layar Pureview juga telah disematkan pada seri Nokia 8.1 ini. Sehingga akan menghasilkan kualitas layar smartphone yang tajam dan lebih memanjakan mata penggunanya. Pilihan warnanya sendiri smartphone ini akan memberikan 3 pilihan warna yaitu, Blue Silver, Steel Cooper, dan Iron Steel.

Performance, Hardware & Software

Masuk kebagian dapur pacunya, Smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 710 octa-core 2,2Ghz dengan GPU Adreno 616 yang dipadukan dengan 4GB Ram dan 64GB internal storage yang support memori eksternal via micro SD. Pada bagian softwarenya sendiri, smartphone ini menggunakan sistem dari Android One dan sudah menjalankan Android 9.0 Pie pada bawaannya. Kapasitas baterai sebesar 3500mAh yang sudah support Fast Charging, tentunya memang terasa tidak terlalu besar untuk saat ini, namun Nokia mengklaim bahwa daya tahan baterai ini mampu bertahan hingga dua hari.

Camera

Fitur unggulan pada Nokia 8.1 ini memang sepertinya berada pada kemampuan fotografinya. Dengan dual setup kamera ganda yang menggunakan sensor 12MP dari Sony IMX363 dengan aperture F1.8 yang dipadukan dengan depth sensor 13MP aperture F2.2 dan menggunakan lensa dari Carl Zeiss tentunya. Kamera utamanya ini juga sudah mendukung fitur AI scene detection dan juga mampu menangkap gambar dengan kualitas terbaik bahkan ditempat yang kurang cahaya sekalipun. Untuk kamera selfinya sendiri Nokia 8.1 menyematkan kamera 20MP dengan aperture F2.0 yang juga menggunakan lensa dari Carl Zeiss.

Price & Varian

Nokia 8.1 ini akan dibanderol dengan harga 399 euro atau sekitar 6,6jutaan pada penjualan perdananya dipasar Eropa pada tanggal 15 Desember nanti. Dan dalam waktu dekat Nokia 8.1 ini juga akan merambah ke pasar Asia seperti Timur Tengah dan juga pasar Asia lainnya yaitu India. Belum ada informasi lebih mengenai kapan Nokia 8.1 ini akan dipasarkan ditanah air, namun buat kalian yang ingin update berita terkini seputar gadget terbaru, bisa mengunjungi website resmi dari Flashgadget Channel yaitu Flashgadget.id.

 

Opinion

Saya sendiri sebenarnya mantan pengguna Nokia ketika dulu Nokia masih berjaya dengan OS Symbiannya. Namun saya beralih karena Nokia pada saat itu tidak kunjung menggunakan Android dan justru menggunakan OS Windows yang menurut saya tidak nyaman jika digunakan pada mobile. Namun dengan adanya Nokia 8.1 ini sepertinya saya mulai tertarik untuk mulai menggunakan Nokia lagi. Tapi itu juga nanti setelah tau harga ponsel ini setelah resmi masuk ke Indonesia tentunya.

 

Author :

Khairul Anwar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up