Samsung Resmi Rilis Smartphone Dengan Layar Infinity-O Pertamanya.

Tepat pada tanggal 10 Desember kemarin Samsung telah merilis seri baru untuk jajaran Galaxy A series mereka yaitu Samsung Galaxy A8s di China. Dengan munculnya seri ini, menjadikan Samsung adalah produsen smartphone pertama yang menggunakan layar infinity-o pada seri Galaxy A8s ini. Namun selain desain layar yang baru, chipset snapdragon 710 juga telah disematkan untuk mendapatkan performa smartphone masa kini yang optimal. Tiga kamera setup pada kamera utamanya juga hadir untuk memaksimalkan hasil fotografi dari Samsung Galaxy A8s ini. Buat yang penasaran dengan informasi lebih detailnya lagi, yuk langsung saja kita bahas dalam flash update kali ini..

Design & Display

Sekilas desain dari Samsung Galaxy A8s ini jika dilihat dari sisi belakangnya, mirip dengan saudaranya yaitu Samsung Galaxy A7 yang juga sudah menggunakan setup 3 kamera. Namun nampak dari depan terlihat jelas layar infinity-o dengan disematkannya in-display kamera pada bagian kiri atas, membuat tampilan layar lebih terlihat lega dan menampilkan desain futuristik tersendiri untuk seri ini. Samsung Galaxy A8s ini memiliki layar 6,4 inch dengan resolusi 1080×2340 dan aspek rasio layarnya 19,5:9. Untuk varian warnanya sendiri akan ada 3 pilihan warna yaitu, Gradient Black, Elves Blue, dan Aurora Green. Kesan desain yang premium dan elegan sangat terlihat dari seri Galaxy A8s ini dengan dilapisinya metal frame dan panel kaca pada bagian belakangnya.

 

Performance, Hardware & Software

Masuk pada bagian dapur pacunya, Samsung Galaxy A8s ini ditenagai dengan chipset jenis baru dari Qualcomm Snapdragon 710 dengan clock 2,2Ghz octa-core, yang dipadukan dengan Ram 6GB atau 8GB dan internal storage sebesar 128GB, yang masih support memori eksternal hingga 512GB menggunakan micro SD. Meskipun pada seri demo unit saat peluncurannya ini Samsung Galaxy A8s terlihat menjalankan OS Android 8.1 Oreo, namun tentunya versi Android 9.0 Pie sudah bisa dijalankan oleh seri terbaru dari Seri Galaxy A8s ketika sudah mulai dijual nantinya. Kapasitas baterainya sendiri sebesar 3400mAh yang sudah support fast charging dan sudah menggunakan USB tipe C.

 

Camera

Dengan disematkannya setup 3 kamera pada Samsung Galaxy A8s ini, sudah bisa dipastikan fitur kameralah yang akan menonjol untuk seri ini. Kamera utama dengan sensor CMOS 24MP dengan aperture F1.7 lalu kamera kedua adalah telepoto kamera dengan 10MP aperture F2.4 yang support 2x optical zoom, dan yang ketiga kamera beresolusi 5MP dengan aperture F2.2 yang sudah mendukung sensor real-time potrait effect. Untuk kamera depannya sendiri, Samsung Galaxy A8s ini menyematkan kamera 24MP dengan aperture F2.0, yang tentunya sudah cukup maksimal untuk ukuran sebuah kamera depan smartphone masa kini.

 

Price & Varian

Untuk variannya sendiri Samsung Galaxy A8s ini akan memberikan 2 pilihan memori Ram yang berbeda yaitu 6GB dan 8GB yang sama-sama menggunakan internal storage sebesar 128GB. Namun untuk harganya sendiri Samsung masih merahasiakannya. Ada kemungkinan Samsung tidak ingin mempublikasikan masalah harganya dulu ini dikarenakan akan ada beberapa tipe smartphone dengan layar infinity-o seperti Huawei Nova 4 ataupun Lenovo Z5s yang akan dirilis juga dalam waktu dekat ini.

Meskipun belum mencantumkan harga officialnya, namun melalui website resminya, samsung telah membuat pre order ponsel ini khusus di China hingga tanggal 21 desember mendatang.

 

Opinion

Menurut saya, langkah yang tepat dilakukan oleh Samsung karena telah mengumumkan smartphone dengan layar infinity-o pertama untuk publik. Sehingga Samsung tetap mendapatkan predikat ponsel dengan layar in display selfie camera pertama. Namun dengan tetap tidak memberikan harga pada seri terbarunya ini mungkin juga menjadi strategi khusus agar Samsung tidak kecolongan lagi dari para rivalnya, terutama Huawei yang juga sangat gencar membuntuti Samsung dengan memberikan pilihan Smartphone berkelas namun dengan harga yang lebih bersaing. Apalagi Huawei nova 4 dengan layar in screen selfie camera juga akan dirilis pada tanggal 17 desember nanti yang disusul oleh Lenovo Z5s pada tanggal 18 desember.

 

Nah kalau menurut kalian gimana nih gaes? Kira-kira Samsung Galaxy A8s ini bakalan jadi tren desain layar smartphone masa depan atau mungkin kalian kurang sreg dengan tampilan layar seperti ini? Tulis opini kalian dikolom komentar ya..

 

Author :

Khairul Anwar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up