Mobil Tesla pertama yang diproduksi China

Tepat setahun Tesla GigaFactory China berdiri dan juga merupakan pertama kalinya mobil tesla diproduksi diluar pabrik Amerika Serikat.
Ternyata lebih cepat dari perkiraan. Rencana berjalan lancar, 3 model mobil sudah dikirim ke 15 karyawan untuk upacara (30/12/2019), bahkan lebih cepat dari perkiraan yang seharusnya dikirim sebelum imlek tanggal 25 januari 2020.

Kelebihan Tesla yang diproduksi China
Menurut Reuters, Kisaran standar Model 3s yang diproduksi pabrik China akan dijual seharga 355.800 yuan (kurs saat ini 2.000,85) sekitar Rp711.902.430 sebelum subsidi, sementara model yang diimpor dari AS saat ini mulai dari 439.000 yuan (kurs saat ini 2.000,85) atau Rp878.373.150.
Menurut Bloomberg pula, kemungkinan tahun depan harganya turun lho!
Karena memotong biaya produksi dan lebih banyak memanfaatkan sumber daya yang sudah tersedia lengkap di China hingga mengurangi harga sebanyak 20 persen, tau sendiri kan? 😛

Rencana selanjutnya
Pengiriman mobil pertama ini merupakan batu loncatan bagi Tesla, Tesla berharap untuk menggunakan pabrik Shanghai untuk mendapatkan pengakuan bahwa China sebagai pasar terbesar dunia untuk kendaraan listrik.
Semoga pabrik lokal China akan membantu mempercepat pengiriman dan melindungi perusahaan dari perang dagang yang sedang berlangsung antara AS dan Cina. Shanghai Gigafactory adalah pabrik mobil sepenuhnya akan menjadi asing pertama di Cina.

Image result for Tesla’s Chinese factory
China Clears Tesla To Begin Production In Shanghai Plant
source : forbes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up