IKEA 2.0 : IKEA bakal jadi perusahaan Teknologi kah?

Tahun 2020 rasanya ga makin ga menutup kemungkinan menggabungkan furnitur rumah dengan teknologi, apalagi sejak CES 2019. IKEA perusahaan besar asal Swedia ini, sebenarnya sudah mulai coba-coba dengan ide bisnis smart home ini dengan nama HOME SMART, cukup aneh bagi sebagian orang . Mulai Agustus 2019 lalu, IKEA mantap untuk fokus pada bisnis Home Smart-nya.

Bisnis smart home masih dianggap miring, karena harganya murah, tapi kualitasnya meragukan. Hal ini menjadi tantangan berat bagi perusahaan-perusahaan yang ingin memulai bisnis ini.

Menjadi tantangan tersendiri bagi IKEA
Dikutip dari theverge, Bjorn Block(Manajer Area Bisnis) yang ditemui di Ingvar Kamprad. memiliki keyakinan penuh atas pengalaman dan pengetahuannya atas semua hal yang bekaitan dengan “rumah”,walaupun tadinya IKEA hanya produsen furnitur biasa, sekarang IKEA bekerja sama dengan Google, Amazon, Apple, dan raksasa teknologi lainnya, sambil mencari ide untuk membuat furnitur yang jauh lebih advance dan terkoneksi dengan teknologi.
Bjorn mengataka bahwa Ia tidak fokus pada penjualan gadget, Ia bermaksud menjadikan furnitur-furnitur yag sudah ada mempunyai fungsi yang lebih. Teknologi itu keren, tapi harus punya dampak positif bagi penggunanya.

Toko pertama IKEA sejak berdiri tahun 1943, sekarang jadi museum IKEA di Ingvar Kamprad.
source : the verge
Trådfri “Bulb Smart”
source : the verge

Perjalanan IKEA
Pada 2017, Ikea meluncurkan seri lampu pintar Trådfri (wireless dalam bahasa swedia). Itulah awal dari ide “Home Smart”nya IKEA. Punya bekal pengetahuan soal per-lampu-an dan merk IKEA juga sudah dikenal luas saat itu, menjadikan Bulb Smart atau lampu pintar sebuah kemajuan dari furnitur rumahan. Selain itu harganya pun murah, sehingga populer pada saat itu.
Pada tahun 2014, Block beralih ke Frog Design dan induk perusahaannya Aricent (sejak diakuisisi oleh Altran) untuk meminta bantuan hardware dan softeware. Ikea juga tidak tahu soal teknologi voice assistants, jadinya Bjorn Block memutuskan sejak awal membuat perangkat Trådfri yang terkoneksi dengan Alexa, Google Assistant, dan Siri.

Belajar dari pengalaman, ga kayak Uppleva Smart TV yang gagal karena eksekusinya kacau, software produk-produk Home Smart dari Ikea nantinya upgradealble lho!

Tentunya masih banyak lagi yang perlu dipertimbangkan, mulai dari desain, bentuk, kualitas dan harganya, kita tunggu saja ya! 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up