Xiaomi Mi 10 & Mi 10 Pro akan dirilis pada kuartal pertama tahun ini.

Jika pada tahun lalu xiaomi telah memperkenalkan jajaran seri flagship unggulannya melalui Mi 9 series, maka seri penerusnya yaitu Mi 10 series akan segera diperkenalkan pada kuartal pertama tahun ini. Sebuah postingan diweibo telah membeberkan beberapa spesifikasi kunci dari smartphone flagship andalan dari xiaomi ini. Selain akan menjadi salah satu smartphone pertama yang akan membenamkan chipset terbaru dari qualcomm snapdragon 865, dari postingan tersebut terlihat seri Mi 10 akan menggunakan layar 6,5 inch OLED screen dengan dukungan resfresh rate layar 90Hz. Menggunakan sensor terbaru dari sony imx686 yang akan dimaksimalkan hingga 108MP. Dan yang menarik adalah bocoran skor dxomark mencapai lebih dari 125 point, dimana untuk saat ini Huawei mate 30 Pro masih memegang skor tertinggi dengan skor 123 point. Bahkan untuk seri Pro nya varian terendah 12/128gb sudah diprediksi akan dijual dengan harga 7,5jutaan saja lho guys.. Gila sih klo beneran harganya cuma segitu, bisa jadi seri flagship yang bakalan bisa membunuh seri flagship lainnya nih klo gini.

Dengan sudah disematkan chipset paling canggih dari qualcomm saat ini yaitu snapdragon 865, tentunya kedua seri ini otomatis juga akan support jaringan 5G dual-mode. Karena memang untuk tahun ini eranya smartphone 5G telah dimulai. Bahkan subrand mereka sendiri yaitu Redmi seriespun sudah akan menjual seri Redmi K30 5G pada tanggal 7 januari mendatang. Dan yang menarik dari spekulasi harga Mi 10 non pro disini masih sedikit dirahasiakan. Namun saya tebah untuk varian terendahnya akan dijual dengan harga 3199 yuan atau sekitar 6,3jutaan. Keduanya sama-sama akan menggunakan setup quad-camera dengan main camera sebesar 108MP. Namun lensa pendukungnya akan berbeda, untuk Mi 10 akan didukung 20MP,12MP, dan 5MP. Sedangkan untuk Mi10 Pro 48MP,12MP, dan 8MP yang tentunya akan memiliki fitur yang beragam, mulai dari ultra-wide, telepoto hingga depth sensor. Dan untuk kapasitas baterainya, seri Mi10 akan dibekali 4500mAh dan Mi10 Pro sebesar 4800mAh. Namun yang menarik, ada salah satu leaker menyebutkan bahwa kapasitas baterainya bisa saja terbalik, dan justru varian non Pro akan menggunakan kapasitas baterai yang lebih besar. Tak ketinggalan fitur pengisian cepat 40watt akan diberikan pada versi M10 dan 66watt akan disematkan pada versi Pronya.

Xiaomi
Xiaomi’s new logo for the 10th Anniversary of the company (shared by Lei Jun)

Jika pada tahun lalu seri Mi 9 dan Mi 9 Pro tidak diluncurkan pada waktu yang bersamaan, maka untuk tahun ini xiaomi sepertinya akan memperkenalkan Mi 10 dan Mi10 Pro pada waktu yang bersamaan. Dan ditargetkan keduanya akan diperkenalkan pada acara MWC akhir februari nanti. Dan tepat pada tanggal 2 januari kemarin Lei Jun selaku co-founder dari Xiaomi, membagikan tampilan logo baru untuk memperingati ulang tahun xiaomi yang ke-10. Yang menarik dari logo baru ini adalah xiaomi kali ini adalah pilihan warna yang colorfull yang tidak lagi didominasi oleh warna orange. Tapi ada berbagai warna lainnya yang jika dicermati warna lainnya itu sebenarnya juga adalah warna dari para pesaingnya. Yang mengindikasikan bahwa xiaomi ternyata diam-diam bekerja sama dengan brand asal satu negaranya sendiri. Karena tak lama setelah logo baru xiaomi ini muncul, ada berita terbaru mengenai fitur terbaru dari 3 brand besar, yaitu Xiaomi, Oppo, dan Vivo yang memperkenalkan sebuah alternatif file sharing sistem layaknya Apple air drop. Dan dikatakan akan ada satu seri smartphone pertama yang akan mendukung fitur ini pada bulan februari mendatang. Yang besar kemungkinannya adalah Xiaomi Mi 10 series ini.

Selain membuat sub-brand, sepertinya kolaborasi antar brand akan dimulai pada tahun ini. Karena dengan bekerja sama, tentunya akan membuat penjualan semakin ramai dan saling menguntungkan. Namun apakah Apple, Samsung dan Huawei akan diam saja? Saya rasa tidak ya.. Justru mereka akan semakin tertantang untuk mengeluarkan inovasi baru lagi agar tetap menjadi yang teratas. Nah kira-kira Xiaomi ditahun 2020 ini akan seperti apa nih guys? Dan apa nih harapan kalian buat Xiaomi ditahun ini, dengan sudah bekerja sama dengan 2 brand satu negaranya, strategi apa lagi nih yang bakal dijalankan oleh Xiaomi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up