NEON: Manusia artificial pertama buatan Samsung

Samsung akan meluncurkan artificial human atau manusia digital yang bisa mereplikasi emosi dan kecerdasan buatan (AI) yang diberi nama Neon dalam ajang teknologi CES (Consumer Electronics Show) 2020. Bahkan sudah ada teaser logo NEON di channel youtube resmi Samsung berjudul “NEON – OFFICIAL Logo Reveal”.

Dikutip dari theverge, Neon dikembangkan oleh Samsung Technology dan Advanced Research Lab (STAR Labs), dengan Pranav Mistry selaku Presiden dan CEO unit tersebut. Perusahaan juga mengklarifikasi bahwa Neon bukanlah lanjutan dari Bixby.

Meskipun belum ada konfirmasi resmi, Samsung diduga sedang membangun avatar manusia realistis yang dapat digunakan untuk tujuan hiburan dan bisnis, seperti pemandu, resepsionis, pembawa berita dan lainnya seperti yang sudah bocor di reddit (postingan sudah dihapus).

Postingan twitter @pranavmistry

Dalam sebuah wawancara, Pranav Mistry menjelaskan bahwa “manusia digital” akan menjadi teknologi utama di tahun 2020an. Film sekarang pun dipenuhi dengan AI. Manusia digital dapat memperluas perannya untuk menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-harinya, seperti pembawa berita virtual, resepsionis virtual, atau bahkan bintang film yang diperankan AI. Pernyataan tersebut sesuai dengan apa yang bocor di reddit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up