TCL dan Junhua perkenalkan 31″ Inkjet Rollable OLED TV Prototype.

Rollable OLED TV ini disebut-sebut sebagai teknologi pertama didunia yang dibuat dengan inkjet dan menggabungkan TFT dengan layar OLED. Dan yang menarik adalah dimasukkannya dua teknologi yang berbeda ini, memberikan keuntungan yaitu memiliki titik kuantum dari OLED dengan backplane layar TFT. Sehingga akan menghasilkan kecerahan 200 nits yang mencakup 90% ruang warna DCI-P3.

Prototipe TV OLED rollable ini dikembangkan oleh Pusat Inovasi Percetakan dan Tampilan Fleksibel dengan teknoligu tampilan pencetakan dan TCL Guangdong Junhua (melalui CSOT, produsen panel China). Dalam istilah yang lebih sederhana, layar OLED yang dicetak adalah generasi baru dari tampilan tersebut dan prototipe yang dibuat dalam kolaborasi adalah yang pertama dari jenisnya. Dibandingkan dengan layar tradisional dengan teknologi penguapan konvensional, jenis layar baru ini membawa banyak manfaat. Termasuk, tidak memerlukan FMM (Fine Metal Mask), struktur perangkat sederhana, pemanfaatan bahan tinggi dan dukungan untuk ukuran besar.

Yang paling penting, keunggulan utama dari jenis tampilan yang fleksibel adalah biaya pengembangan yang tergolong rendah. Karena sampai sekarang, perangkat dan teknologi yang terkait dengan tampilan fleksibel relatif mahal. Dengan demikian, metode yang lebih baru ini dapat mengarah pada perkembangan positif di masa depan karena nilai ekonomisnya. Khususnya, prototipe TV rollable dari TCL dan Juhua juga memiliki kemiripan yang identik dengan TV OLED 4K Rollable dari LG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up