Ilmuwan ciptakan robot dari sel katak, bisa bersihkan limbah plastik dan mengobati tumor?

Diciptakan para peneliti dari University of Vermont (UVM) dan Tufts University
Namanya Xenobots, merupakan hasil perpaduan sains dan teknologi, menggunakan sel induk dari embrio katak, spesies yang dijadikan objek penelitian ini adalah katak Afrika (Xenopus laevis) yang juga menjadi nama untuk awal untuk robot ini. Ya, Xenobot mungkin beda dengan robot yang terbuat dari besi maupun plastik. Xenobot “living robot” atau robot yang bernyawa berupa gumpalan mikro (dalam milimeter dan dapat dilihat dengan alat khusus) dan bisa diprogram.

“Ini adalah mesin kehidupan baru,” ungkap Joshua Bongard, seorang ilmuwan komputer dan ahli robotika di UVM yang turut memimpin penelitian baru ini melalui engadget.
Untuk desainnya, para peneliti dari UVM menjalankan algoritma evolusi melalui superkomputer. Kemudian, tim Tufts mengumpulkan dan menguji desain menggunakan sel induk katak tersebut.

Xenobot bisa bergerak, berenang, bekerja sama dan beregenerasi.
Xenobot dapat bergerak sendiri di lingkungan berair. Xenobot pun bisa bekerja sama, bahkan spontan bergerak memutar bersamaan, mendorong sebuah pelet ke pusat.
Idenya, karena berukuran mikro xenobot bisa digunakan di dalam tubuh manusia untuk memprogram ulang tumor, menyalurkan obat atau mengikis plak dari arteri.
Ketika diiris pun sel dapat meregenerasi dan menyatu kembali dengan sel lain yang terurai, selain tujuan medis, mereka dapat digunakan untuk membersihkan limbah radioaktif atau mikroplastik

Masih dalam tahap uji coba
Walaupun punya tujuan yang baik, peneliti masih terus berusaha untuk mengembangkan rancangan “living robot” ini agar tidak membahayakan, apalagi akan dimasukkan ke dalam tubuh manusia. Xenobot punya cadangan makanan yang akan habis dalam waktu sekitar satu minggu, kecuali berada di lingkungan yang kaya nutrisi. Bahaya kalau mengambil nutrisi yang ada di dalam tubuh manusia kan. Selain itu xenobot juga merupakan makhluk hidup, mungkin ada kemungkinan berkembang biak.

(Source)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up