Iklan di Whatsapp jadi dipasang atau nggak?

Sudah disampaikan bahwa tahun 2020 akan ada fitur-fitur baru whatsapp, termasuk iklan yang terpasang di status/story sebagai sarana monetisasi utama yang juga menjadikan pendiri Whatsapp sebelumnya mengundurkan diri pada tahun 2018.

Menurut Wall Street Journal, Facebook sebagai induk perusahaan tidak akan melanjutkan rencananya untuk menjual iklan di WhatsApp. Ternyata Facebook membubarkan tim yang dibentuknya untuk menemukan cara paling efektif untuk mengintegrasikan iklan ke dalam layanan whatsapp, sekaligus menghapus kode WhatsApp untuk pekerjaan ini.

Rekan sesama pendiri Brian Acton mengundurkan diri dan muncul tweet #deletefacebook setelah skandal Cambridge Analytica mencuat.
Menurut laporan yang ada saat itu, penempatan iklan di Status, diduga kuat keinginan social networknya Facebook untuk menggunakan data pengguna WhatsApp dan melemahkan enkripsi atau juga privasi data pengguna.

Belum jelas tentang kabar Facebook membatalkan sepenuhnya rencana iklan di whatsapp ini atau hanya ditunda. mungkin whatsapp masih bisa menampilkan iklan kedepannya.
Saat ini WhatsApp dilaporkan berfokus pada pengembangan fitur untuk pengguna bisnisnya, karena kebanyakan orang menggunakan WhatsApp untuk bisnis, ada Whatsapp for Business yang diluncurkan pada tahun 2018. Baru-baru ini ada fitur untuk membuat katalog produk langsung di whatsapp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up