Google sembunyikan smartphone-mu di dalam amplop

Hari-hari tanpa megang smartphone rasanya bikin cemas, takut ketinggalan berita-berita seru seharian dari media sosial, atau yang kita kenal dengan FoMo atau Fear of missing out.

Google meluncurkan 3 aplikasi baru dan ekperimental yang menjadi solusi unik untuk mengurangi penggunaan smartphone.
Aplikasi-aplikasi baru ini sebagiannya inisiatif dari Digital Wellbeing, salah satunya dengan cara memasukan smartphone kita ke dalam amplop, makanya dinamakan Envelope yang akan diluncurkan 21 Januari 2020 dan bisa di-download di Google Play Store.

Aplikasi ini melampirkan PDF yang harus dicetak oleh pengguna. Kemudian potong template dan rangkai sesuai instruksi. Ketika selesai, masukan smartphone pada amplop yang sudah dirangkai dan disegel supaya tidak dapat dibuka.

Aplikasi ini masih memungkinkan kita untuk menelfon dan menggunakan kamera selama smartphone ada di dalam amplop kok, pengguna hanya bisa menggunakan tombol angka, selain itu speed dial juga bisa digunakan, bahkan menekan nomor secara bersamaan bisa menunjukan waktu saat ini. Saat ini Envelope hanya bisa digunakan untuk Google Pixel 3A saja. Coba kita lihat cuplikannya!

Setelah lama disegel, pengguna bisa merobek segel dan amplop untuk mengakses smartphonenya lagi. Kemudian muncul info seberapa lama kita tidak membuka amplop atau mengakses smartphonenya. Mau menambah durasinya? Cukup efektif buat yang mau detox media sosial ya.
Oh ya! amplop yang sudah dirobek tidak bisa digunakan lagi, maka dari itu harus di rangkai dari awal.

Jika tertarik, Google pun telah membuka sumber aplikasi Envelope di GitHub sehingga pengguna dapat mengotak-atik cara kerjanya, daripada hanya menelepon atau menggunakan kamera saja.

(Source)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up