Panel OLED Samsung 90Hz ternyata lebih bagus dari LCD 120Hz?

Para produsen smartphone fokus menawarkan smartphone dengan tampilan refresh rate lebih tinggi. Saat ini smartphone di pasaran didominasi dengan tampilan refresh rate 90Hz hingga 120Hz, bahkan smartphone midrange pun mulai mengadopsi layar 90Hz. Semakin banyak pula pengguna yang menggunakan ponsel untuk kebutuhan gaming maupun video sehingga refresh rate yang tinggi menjadi hal penting. Semakin cepat refresh rate, maka semakin halus tampilan layarnya. Tak hanya itu, baterai pun akan lebih irit. Samsung pun menyatakan bahwa panel OLED 90Hz terbaru miliknya mampu mengoptimalkan high-speed motion.

Lembaga sertifikasi SGS mengungkapkan blue lenght atau image drag pada layar Samsung 90Hz OLED dan 120Hz OLED sebesar 0,9mm dan 0,7mm. Kecepatan respon gambar dinamisnya pun masing-masing direkam pada 14ms dan 11ms.

Samsung 90Hz OLED Display

Kesimpulan yang ditarik SGS, panel OLED 90Hz Samsung memiliki hambatan gambar hanya seperlima dibandingkan dengan LCD 90Hz. Sementara hambatan gambar OLED 120Hz Samsung dipersingkat sebesar sepertiga dibandingkan dengan panel LCD 120Hz biasa.

Perbedaan yang paling basic ialah panel OLED dapat mencapai respon lebih cepat melalui mobilitas elektron yang cepat pula dan karakteristiknya digerakkan oleh arus. Pada akhirnya menampilkan layar yang lebih natural.

Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up